Prediksi Timnas U-19 vs Bulgaria: Ujian Perdana Shin Tae-yong

Timnas U-19 akan menjajal kekuatan Bulgaria dalam turnamen persahabatan yang digelar di Kroasia, Sabtu (5/9) malam WIB.  

 

Laga ini sekaligus menjadi ujian pertama bagi pelatih anyar, Shin Tae-yong. Perjalanan 'Garuda Muda' mencapai ke tahap ini memang cukup berliku. Awalnya, Shin menggelar pemusatan latihan (TC) di awal tahun. Kemudian, karena wabah virus corona, TC Timnas U-19 baru bisa dilanjutkan pada Juli. 


Di TC kali ini, Pelatih asal Korea Selatan tersebut memberi kesempatan kepada 46 pemain muda. Setelah melakukan seleksi di Jakarta, Shin akhirnya memangkas skuatnya menjadi 30 pemain untuk diberangkatkan ke Kroasia. 


Dalam prosesnya, perjalanan Timnas U-19 ke Kroasia juga tak luput dari drama. Beberapa hari menjelang keberangkatan Timnas U-19 ke Kroasia, pelatih yang terkenal tegas tersebut mencoret dua penggawanya, yakni Serdy Ephy Fano dan Ahmad Afhridzal. 


Serdy dan Rizal dicoret karena melakukan tindakan indisipliner. Keduanya diketahui terlambat bangun pagi untuk menghadiri sesi latihan terakhir Timnas U-19, pada Sabtu (29/9). 


Sesampainya di Kroasia, skuat 'Garuda Muda' langsung digembleng latihan keras ala Shin. Kabarnya, beberapa pemain sampai harus cedera bahkan pingsan. 


Shin juga memberi nuansa Eropa pada skuatnya. Setidaknya, ada empat pemain berlatar belakang sepak bola Eropa yang dipertahankan di skuat pilihannya.  


Mereka adalah Khairul Zakiri (Gymnastica Cueta di Spanyol), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), Jack Brown (Lincoln City), dan Elkan Baggott (Ipswich Town). 


Namun, nama yang disebutkan terakhir, hingga kini belum juga bergabung bersama rekan-rekan Timnas U-19. Elkan diketahui baru saja melakoni laga pramusim bersama Ipswich Town.
Bulgaria memang menjadi ujian pertama dari perjalanan panjang skuat 'Garuda Muda'. Mereka bukanlah tim kacangan.  


Di bawah racikan Pelatih Angel Georgiev Stoykov, Bulgaria berhasil memenangi dua dari tiga pertandingan terakhir di kualifikasi Piala Eropa U-19.
Mereka sukses mengalahkan Montenegro dengan skor 3-1, juga 'menghabisi' Armenia tiga gol tanpa balas. Adapun kekalahan mereka terjadi di laga kontra Turki dengan skor 1-2. 


Mampukan Tim Garuda Muda kembali menaklukan lawan-lawannya? Saksikan pertandingan serunya di live streaming Bulgaria vs Indonesia Mola TV.


Adu Strategi
Stoykov kerap memainkan formasi 4-2-3-1. Dengan menumpuk pemain di sektor tengah, pada gelandang Bulgaria sukses tampil produktif dalam laga kualifikasi Piala Eropa U-19.  


Tujuh gol yang tercipta di laga-laga tersebut tak lepas dari kontribusi para gelandangnya.
Tiga gol di laga perdana Bulgaria dicetak oleh Filip Yovarovov Krastev, Dimitar Tonev dan Vladimir Nikolov. Ketiganya merupakan pemain berposisi gelandang. Mereka juga tercatat sukses membukukan gol di pertandingan selanjutnya. 


Sementara, Shin memberikan warna baru di lini depan Timnas Indonesia. Beberapa nama yang menjadi andalan pelatih terdahulu, Fakhri Husaini, dicoret dan digantikan wajah-wajah baru. Mereka adalah Jack Brown, Irfan Jauhari, Saddam Gaffar, dan Moh. Bahril. 


Irfan tampaknya layak diberikan kepercayaan sejak menit awal. Sebagai penyerang tengah, penggawa Bali United ini diprediksi bakal ditemani Witan di sisi kiri dan Mochammad Supriadi di sayap kanan.  
Dengan mengusung pola 4-3-3, tiga gelandang akan sangat sentar perannya. Nama David Maulana layak dikedepankan. Pengalamannya membela Timnas U-16, U-19 sekaligus Garuda Select bisa jadi modal.  


Sementara, Beckham Putra bisa diberikan kepercayaan untuk menjadi gelandang serang, dengan ditemani Brylian Aldama atau Andre Oktaviansyah. Meski demikian, bukan tak mungkin Shin akan menaruh wajah segar di sana seperti M. Kanu, Andi Irfan, dan Sandi Arta.  


Di lini belakang, duet Rizky Ridho-Elkan tampak cukup ideal. Akan tetapi, seiring tak hadirnya Elkan, Rizky bisa jadi dipasangkan dengan Ahmad Rusadi. Sementara, Bagas Kaffa dan Yudha Febrian bisa mengisi dua bek sayap. 


Lantas, mampukah skuat 'Garuda Muda' unjuk gigi di laga internasional pertamanya? Menarik dinantikan.