Mengintip 5 Jenis Material Lemari Beserta Spesifikasinya

Lemari merupakan salah satu furniture rumah tangga yang cukup penting. Biasanya lemari digunakan untuk menyimpan pakaian, tas maupun perkakas ruang makan seperti piring, sendok dan lainnya. Tentunya model lemari yang dijual juga sangat berbeda beda disesuaikan dengan kegunaannya. Tak hanya itu, bahan yang digunakan untuk pembuatan lemari juga sangat bervariasi sehingga Harga lemari juga berbeda beda. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut.

 

Jenis Jenis Material yang Digunakan untuk Lemari
1. Material Kayu Solid
Material satu ini memang paling sering digunakan oleh para pengrajin lemari. Tentunya kualitas lemari yang terbuat dari kayu murni lebih unggul jika dibandingkan dengan material yang lain. Dari segi tampilan, lemari satu ini juga terlihat lebih elegan dibandingkan dengan material yang lain. Bahkan banyak lemari dari kayu yang biasanya ditambahkan dengan ukiran sehingga membuat penampilannya semakin cantik dan menawan. 


Umumnya lemari kayu solid digunakan sebagai tempat untuk menyimpan pakaian, lemari dapur, lemari panjang, serta lemari penyimpanan utama rumah. Lemari dari bahan ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya lebih kuat dan tahan lama dan relatif lebih aman. Namun lemari ini juga memiliki kekurangan seperti rentan terhadap serangan rayap dan jamur serta bobotnya yang lebih berat. Selain itu, harga lemari kayu solid juga lebih mahal.


2. Material Kaca
Lemari yang terbuat dari kaca memiliki tampilan yang lebih unik sehingga peminatnya pun juga cukup tinggi. Lemari ini dapat dijadikan alternatif bagi anda yang menginginkan desain rumah agar terlihat lebih modern dan luas. Biasanya lemari satu ini digunakan sebagai lemari hias. Beberapa kelebihan dari lemari kaca diantaranya mudah dibersihkan, tidak akan diserang rayap dan memiliki desain yang lebih artistik. Sayangnya lemari satu ini mudah pecah dan harus sering dibersihkan.


3. Lemari Besi
Bagi anda yang ingin lemari tahan lama dan aman dari serangan rayap dan jamur, maka lemari dari bahan ini sangat direkomendasikan untuk dipilih. Namun, dari segi desainnya lemar satu ni memiliki tampilan yang lebih sederhana. Lemari dari bahan ini hanya bisa dipakai untuk menyimpan barang barang berharga dan sangat cocok untuk menyimpan barang berat. Harga lemari besi cukup beragam, tergantung dari desain dan ukuran lemari tersebut.


4. Material  Kayu Fabrikasi
Selain material kayu solid, anda juga bisa memilih lemari dari kayu fabrikasi. Adapun perbedaan antara lemari ini dengan lemari kayu solid dimana lapisan kayu yang digunakan harus melalui proses fabrikasi terlebih dahulu. Lemari ini biasanya memiliki desain yang elegan dan lebih modern. Untuk kegunaan lemari satu ini diantaranya untuk menyimpan pakaian, perkakas dapur hingga makanan. Sayangnya lemari dari material ini lebih rentan terhadap serangan rayap.


5. Material Plastik
Lemari yang terbuat dari plastik cukup banyak diminati belakangan. Keuntungan dari menggunakan lemari ini yaitu bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan material yang lain. Tentunya akan memudahkan anda ketika harus memindahkannya ke ruangan yang lain. Umumnya lemari satu ini dijadikan sebagai lemari pakaian atau menyimpan barang dengan bobot yang ringan. Bagi anda yang menginginkan harga lemari yang lebih murah, lemari plastik menjadi pilihan yang tepat.


Itulah beberapa material yang biasa digunakan untuk lemari di rumah. Tentunya setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, harga masing masing lemari juga berbeda  dan bisa disesuaikan dengan budget. Jika ingin mendapatkan lemari yang berkualitas dan tahan lama, maka anda perlu membeli di toko yang terpercaya.