3 Masalah AC Mobil Yang Biasa Terjadi Dan Cara Pencegahannya

Bagi anda yang memiliki mobil, tentu saja masalah yang terjadi pada AC merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, jika ac mobil tidak dingin tentu saja akan menjadi masalah bagi anda. Terlebih lagi ketika anda sedang dalam keadaan macet dan di bawah terik matahari yang sangat menyengat. Hal ini pun pastinya akan sangat menyebalkan. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang beberapa masalah yang biasa terjadi pada AC dan cara untuk mencegahnya.

Hal Yang Biasa Menjadi Masalah Di Dalam AC Mobil Anda Beserta Pencegahannya
1. AC Merasa Tidak Dingin
Jika anda mengalami hal satu ini tentu saja akan merasa sangat frustasi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya hal tersebut. Salah satunya adalah karena adanya kebocoran di sambungan pipa maupun evaporatornya. Selain itu, termasuk juga bagian dari kondensor dan evaporator yang kotor. Maka hal tersebut nantinya akan mampu untuk menghambat proses dari distribusi hawa panas dan juga hawa dingin yang terjadi di dalam sirkulasi AC.

Selain itu, ada pula faktor usia dan perawatan tidak tepat yang akan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Untuk itu, anda pun bisa memeriksa area teknisnya, seperti memeriksa freon di tabung penyimpanannya. Anda pun juga perlu untuk membersihkan evaporator dan juga kondensor yang kotor. Hal lain yang juga perlu anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengganti filter AC agar maksimal dalam menyerap kotoran maupun kandungan air di dalam sistem mobil.

2. AC Yang Mulai Berbau
Hal satu ini pun juga pastinya akan sangat mengganggu. Apalagi mobil merupakan kendaraan yang jika terdapat bau akan tercium hingga ke seluruh penjuru mobil. Hal ini biasanya dikarenakan oleh debu dan kotoran yang masuk ke dalam kabin. Sehingga nantinya debu dan juga kotoran tersebut akan tersedot ke dalam sistem sirkulasi AC di dalam mobil anda. Dan kemudian debu tersebut akan menempel pada evaporator.

Dikarenakan kondisinya yang lembab, maka tak menutup kemungkinan nantinya akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan membuat AC pada mobil anda menjadi memiliki bau yang tidak sedap. Untuk itu, anda pun perlu melakukan service ac mobil secara berkala ketika evaporator telah berjamur. Hal ini bisa dicegah dengan rutin membersihkan kabin pada mobil anda. Serta bagian depan area karpet mobil yang dimana udara kabin akan disedot oleh AC pada mobil anda.

3. AC Mengalami Kebocoran
Untuk masalah yang terjadi di dalam AC ini biasanya akan ditandai dengan adanya tetesan air yang mengenai lantai kabin. Hal ini pada umumnya akan disebabkan oleh selang pembuangan air dari evaporator yang tersumbat oleh kotoran. Sehingga nantinya akan meluber melalui sambungan selang yang ada. Untuk itu ketika mengalami hal ini, maka anda pun akan sulit untuk menanganinya sendiri.

Sehingga anda pun perlu untuk datang ke tempat service AC mobil yang terpercaya. Anda pun bisa menghindari untuk melakukan servis AC pada bengkel mobil yang terletak di pinggir jalan. Hal ini dikarenakan servis untuk AC ini merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu tak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

Untuk itu, anda pun perlu mengetahui masalah apa saja yang bisa muncul melalui AC di dalam mobil anda. Jika anda merasa AC sudah tidak beres maka anda pun perlu untuk waspada. Hal ini dikarenakan AC merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil.  Sehingga ketika mengalami kerusakan akan menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai.